Pinned

November, Masjid ”Korban Gempa” Berdiri Lagi

Warga Sidera, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, khususnya umat muslim, sudah bisa tersenyum. Sebab, Masjid At-Tartib yang sempat rata dengan tanah akibat gempa itu segera berdiri lagi.

Proses pembangunan masjid hasil donasi pembaca Jawa Pos Radar Malang dan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) tersebut terus berjalan. Sesuai target, pada November 2019, masjid dengan luas 17 x 16 meter itu sudah bisa diresmikan.

Kemarin misalnya, setelah proses pembuatan fondasi tuntas, sejumlah besi baja untuk tiang sudah didatangkan. Sebanyak 20-an pekerja bahkan bahu-membahu melakukan pemasangan baja. Sebelumnya mereka juga telah membuat fondasi, pengecoran, dan pemasangan bata. ”Mereka ini kerjanya tidak kenal waktu. Bahkan, kerja sampai malam. Ngelembur,” ungkap Sucipto, ketua takmir Masjid At-Tartib kemarin.

Sucipto menambahkan, animo warga untuk segera punya masjid lagi begitu besar. Sejak terjadi gempa yang melanda Palu, November 2018, hingga masjidnya roboh,  mereka sangat kehilangan.

Selama ini mereka beribadah di tempat seadanya. Bangunan bertembok dan beratap seng saja. ”Makanya kami sangat berterima kasih pada Radar Malang dan Universitas Brawijaya yang telah membantu kami,” ungkapnya.

Sebelum dilakukan pembangunan, tim Jawa Pos Radar Malang dan UB sudah melakukan survei dua kali ke lokasi. Bulan Maret dan Juni 2019. Survei pertama untuk melihat kelayakan masjid tersebut untuk  mendapatkan bantuan dana dari pembaca Radar Malang.

Setelah dianggap layak, maka kedatangan kedua langsung teknis pembuatan desain, penghitungan anggaran. Setelah desain disepakati bersama takmir Masjid At-Tartib, pihak Radar Malang pada tahap pertama telah mengucurkan dana Rp 200 juta.

Pencairan dana tersebut nantinya akan bertahap sesuai kebutuhan. Ketika dana yang sudah dikucurkan pada tahap pertama habis, maka akan dicairkan di tahap berikutnya. Nilainya bergantung berapa kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*