Pinned

Literatur

3 BUKU (Free) – Karya Alm. Dr Subandono Diposaptono tentang Perubahan Iklim, Poros Maritim & Mitigasi Bencana

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakaatuh. Sahabat, Alm Dr Subandono Diposaptono merupakan pakar di  bidang bencana gempa, tsunami dan wilayah pesisir. Almarhum meninggal pada hari Kamis tanggal 05 Juli 2018 pukul 02.15 WIB di usia ke-60 tahun. Almarhum menyelesaikan master dan doktor bidang coastal engineering dari Tohoku University Jepang pada 1994 dan 2000. Jabatan terakhir Almarhum sebagai Direktur Perencanaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik ... Read More »

Resensi Buku: LAUT DI ANTARA BERKAH & KUTUKAN

Judul: Indonesia beyond the Water’s Edge: Managing an Archipelagic State Penyunting: Robert Cribb dan Michele Ford Penerbit: Institute of Southeast Asian Studies, Singapore, 2009 Tebal: 248 halaman ISBN: 978-981-230-984-6 Resensi oleh: Yuda Benharry Tangkilisan     Sampai dengan akhir masa Orde Baru, masalah kelautan belum memperoleh perhatian yang memadai, kecuali dalam konsep wilayah dan ideologi. Soal laut menjadi perbincangan ketika ... Read More »

panduan praktis implementasi AGENDA BARU PERKOTAAN (New Urban Agenda)

Assalamualaikum. Sahabat, urbanisasi menjadi isu krusial perkotaan akhir-akhir ini. Jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan diprediksi mencapai 66% di tahun 2050. Di Indonesia, diproyeksikan sekitar 67% penduduk Indonesia akan tinggal di kota. Ada kontribusi terhadap peningkatan ekonomi sebesar 74%. Namun, di sisi lain, urbanisasi juga membawa dampak negatif berupa degradasi lingkungan, kesenjangan ekonomi, penurunan nilai-nilai sosial budaya, urban sprawl dan ... Read More »

Kamus AGRARIA & TATA RUANG

Penting bagi kita (planner) untuk mengetahui istilah, memahami dan menggunakannya dalam bahasa ilmiah maupun diskusi seputar agaria dan tata ruang. Silahkan didownload pada link berikut:  Kamus Agraria dan Tata Ruang Read More »

Tata Ruang dan Ruang Air, Tantangan Kota Palangka Raya sebagai Lokasi Alternatif Pemindahan Ibukota Negara

Tata ruang dan ruang air merupakan dua hal penting dalam perencanaan yang saling terkait dalam mendukung pembangunan perkotaan berkelanjutan. Kota Palangka Raya sebagai calon kuat lokasi pemindahan ibukota negara memiliki potensi kekayaan sumber daya alam salah satunya daerah aliran sungai (DAS). Terlihat bahwa batas wilayah administratif kabupaten/kota di Provinsi Kalteng cenderung diikuti dengan wilayah pengelolaan sungai utama mulai dari bagian ... Read More »

Kiat Sukses Belajar di Jurusan PWK FTUB

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh Adik-adik mahasiswa PWK FT UB (khususnya Mahasiswa Baru 2017), selamat datang dan bergabung di Jurusan PWK UB. Menempuh pendidikan S1 di Jurusan PWK UB itu susah-susah gampang, sangat tergantung pada niat, semangat dan kemauan untuk terus belajar. Buku kecil berikut sengaja disusun untuk memudahkan Mahasiswa Baru PWK dalam memahami: 1) Siapa itu mahasiswa?; 2) Banggalah menjadi mahasiswa PWK ... Read More »

Materi Seminar Internasional ICPEU 3 Sustainable Nation, 6-7 Maret 2017

Asslm. Wr. Wb. Teman-teman & kolega, berikut materi bahan tayang keynote speaker dan book of program dari kegiatan “The 3rd International Conference Planning in the Era of Uncertainty (ICPEU)- Sustainable Nation”, 6-7 Maret 2017. MATERI Dr EMIL ELESTIANTO DARDAK BOOK OF PROGRAM 3RD_ICPEU 2017 MATERI PROF MASAAKI OKAMOTO MATERI PROF KIYOSHI KOBAYASHI MATERI PROF HANS WESTLUND MATERI MR ODA MASAHARU MATERI ... Read More »