Pinned

Berkebun : RW 14 Mojolangu Resmikan Kampung Tani Perkotaan “AKOER”

Kebun bibit dan sayur RW 14 Mojolangu menempati areal seluas + 700 meter persegi yang awalnya adalah lahan kosong yang tidak dikelola oleh pemilik lahan. Kepedulian masyarakat RW 14 yang dimotori Bapak Zaenul Arif dan Bapak Jaenal Rifai melihat potensi adanya lahan yang tidak dikelola berusaha memanfaatkan lahan tersebut untuk kegiatan produktif warga melalui kegiatan berkebun. Inisiatif tersebut didukung penuh oleh Ketua RW 14 Mojolangu Ir. Joko Wahyudi dengan memberikan support dan masukan terkait bagaimama memulai berkebun di lingkungan. Melalui slogan dan semangat “AKOER” tidak sulit menggerakkan masyarakat di RW 14 untuk bersama-sama membangun kebun bibit, tuturnya. Sebelum memulai aktivitas berkebun, Joko Wahyudi memastikan bahwa lahan kosong tersebut telah diijinkan oleh pemilik lahan untuk dikelola masyarakat RW 14 Mojolangu untuk dijadikan kebun bibit, dan alhamdulillah kegiatan berkebun ini dimulai 6 bulan yang lalu.

Hebatnya lagi di lingkungan perkotaan dengan lahan yang semakin terbatas kita berhasil mengelola lahan terbuka yang belum dimanfaatkan untuk aktivitas yang bermanfaat bagi lingkungan kita, lanjutnya.

Di kebun bibit RW 14 Kelurahan Mojolangu terdapat belasan jenis tanaman dengan kategori tanaman sayur, tanaman toga, buah-buahan dan ikan lele. Menurut Zaenul Arif, sayuran yang dibudidayakan antara lain cabe, terung, tomat, bawang merah, sawi, kenikir, dan kangkung. Untuk tanaman toga ada jahe merah, dan untuk buah-buahan ada klengkeng kristal, klengkeng pingpong, buah tin varietas ‘red israel’ dan varietas ‘green jordan’, stroberi, durian montong, sawo, jeruk varietas siam pontianak dan varietas trigas, mangga, leci, sirsak, matoa dan juwet putih. Beberapa sistem tanam buah dilakukan dengan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Semua biaya operasional untuk kegiatan di kebun bibit ini murni dari swadaya masyarakat di lingkungan RW 14, jelas Zaenul yang juga pengusaha distribusi ayam pedaging se Malang Raya itu.

Jaenal Rifai sebagai koordinator budidaya menjelaskan dalam kesehariannya aktivitas kebun bibit RW 14 dimulai pukul 5.30 wib, sebagian masyarakat menyempatkan untuk berkebun sebelum memulai aktivitas pekerjaan rutin mereka. Ada yang menyiangi tanaman, ada yang memupuk tanaman, ada yang menyiapkan media tanam, ada yang menyemprot tanaman yang terkena penyakit serta memberi makan ikan lele. Keberadaan kebun bibit ini juga memberikan manfaat sebagai ruang sosial bagi warga untuk berkomunikasi, bersosialisasi dan membahas permasalahan warga. Tersedia gasebo dan tempat duduk-duduk yang bisa dimanfaatkan untuk  ngobrol-ngobrol sambil menikmati keindahan dan keasrian kebun.

Minggu pagi pada tanggal 16 April 2017 bertempat kebun bibit RW 14 di Jalan Soekarno Hatta Indah V Mojolangu, Kebun Bibit Akoer RW 14 diresmikan oleh Camat Lowokwaru bersama Muspika Kecamatan Lowokwaru. Hadir pagi itu Camat Lowokwaru Imam Badar, SE, M.Si, Kapolsek Lowokwaru, Danramil Lowokwaru, perwakilan RW se-Kelurahan Mojolangu dan masyarakat RW 14 Mojolangu. Hadi pagi itu kurang lebih 100 tamu undangan. Acara pagi itu terasa lebih meriah dengan suguhan musik oleh Edi Pramono bersama Era Band.

Melalui pesannya, Camat Lowokwaru sangat mengapresiasi buah kerja keras masyarakat RW 14 yang mampu menciptakan lingkungan kebun yang asri, produktif, nyaman dan memberikan manfaat bagi lingkungan yang bisa menjadi contoh bagi lingkungan lain untuk menciptakan lingkungan kebun yang bermanfaat. Ini merupakan salah satu wujud syukur dan usaha masyarakat ditengah terus bertambahnya lahan terbangun untuk menciptakan ruang-ruang hijau yang memproduksi oksigen untuk lingkungannya. Selain itu ada manfaat ekonomi dari aktivitas berkebun kebun ini yaitu hasil kebun bisa membantu memenuhi kebutuhan sayur dan buah-buahan untuk lingkungan. Berawal dari lingkungan dengan lingkup kecil, upaya RW 14 membangun Kebun Bibit Akoer ini adalah bentuk peduli untuk membangun Kota Malang yang lebih asri dan bermanfaat melalui kepedulian dan semangat masyarakatnya yang tinggi. Secara langsung Muspika Lowokwaru melalui camat menyampaikan bantuan dana untuk membantu operasional Kebun Bibit Akoer kepada Zaenul Arif selaku ketua Kebun Bibit Akoer. Camat Lowokwaru berjanji akan senantiasa terus membantu apa yang sekiranya bisa menjadikan kebun bibit ini semakin maju dan berkembang. Secara resmi Camat bersama Kapolsek, Danramil dan Ketua RW 14 Mojolangu meresmikan Kebun Bibit Akoer dengan menebarkan bibit ikan lele sejumlah 6.000 bibit ke kolam ikan yang ada di area kebun tersebut. Acara dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama yang telah disiapkan ibu-ibu PKK RW 14 dengan menu aneka makanan tradisional, bakso serta alunan musik oldies Edi Pramono bersama Era Band.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*