Pinned

Artikel

Pola Interaksi Masyarakat Perbatasan Negara di Kabupaten Pegunungan Bintang PAPUA – Papua New Guinea (PNG)

Kawasan perbatasan merupakan ‘arena’ terjadinya kejahatan lintas batas dan pada saat yang bersamaan, kawasan perbatasan juga menjadi tempat pertukaran budaya dan sosio-ekonomi secara dinamis yang didukung dengan nilai historis kedua negara (Blum, 2014). Menurut Hadiwijoyo (2009) Penduduk yang bertempat tinggal di wilayah perbatasan telah disatukan melalui hubungan sosio-ekonomi dan sosio-budaya setelah terjadinya kesepakatan antara dua negara berbatasan. Meskipun garis perbatasan ... Read More »

Konversi Lahan Sawah dan Hilangnya Pendapatan Sektor Pertanian di Kota Batu

Mengusung visi sebagai kota wisata dan agropolitan, Kota Batu kini menjelma sebagai magnet destinasi wisata unggulan di Timur Jawa. Dua sektor utama yang bisa berkolaborasi apik jika dikelola dan dikendalikan dengan baik, dan bukan hal mustahil bisa saling mengancam jika tidak ada harmoni dalam pembangunan. Peningkatan kegiatan wisata dan pendukungnya di seluruh bagian Kota Batu berimplikasi pada peningkatan kebutuhan lahan ... Read More »

PERUBAHAN IKLIM dan KETAHANAN SUMBER DAYA AIR

Catatan Peringatan Hari Air Sedunia 22 Maret 2020   Perubahan iklim merupakan isu yang selalu hangat, hampir tidak pernah luput dari perhatian publik secara global untuk disikapi, dihadapi dan dicarikan solusi terbaik. Berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi dengan indikasi suhu dan distribusi curah hujan telah membawa dampak luas di berbagai sektor kehidupan manusia. International Panel Climate Change (IPCC, 2001), Indonesia ... Read More »

Wabah COVID 19 Sebuah Renungan

Oleh: Prof. DR. Syaikh Abdurrazaq bin Abdil Muhsin Al-Abbad Al-Badr   Akhir-akhir ini, pembicaraan dan pemberitaan tentang penyakit yang menakutkan mendominasi media. Orang-orang khawatir terhadap penyebaran penyakit tersebut dan takut terinfeksi. Pembicaraan tentangnya dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat, ada yang membicarakannya sambil bercanda dan menjadikannya bahan gurauan dan ada pula yang serius menjelaskan dengan tulus. Sebagai seorang Muslim, kita senantiasa ... Read More »

Persepsi dan Konsepsi Ideal tentang Sungai

Sungai secara sederhana diartikan sebagai air yang mengalir pada permukaan bumi yang terbentuk secara alami dan membentuk suatu pola aliran air. Bagian hulu sungai umumnya terletak di kawasan perbukitan dan kawasan pegunungan. Aliran sungai mengalir dari daerah yang tinggi yang disebut hulu dan berakhir pada suatu lokasi di daerah lebih rendah yang biasa disebut hilir. Sungai bermanfaat sebagai salah satu ... Read More »

“BIJAK” MEMBANGUN DESA

Berbekal Perencanaan untuk Membangun Indonesia merupakan negara agraris dengan hampir 60% masyarakatnya tinggal/bermukim di perdesaan. Sehingga hampir mayorita smayarakat banyak berada di perdesaan mulai dari ujung Sabang sampai Merauke dengan banyaknya pulau yang ada. Pembangunan perdesaan pada prinsipnya memiliki pola penanganan dan perencanaan yang berbeda dengan kota. Karena di desa faktor masyarakat menjadi salah stau faktor utama yang perlu dipertimbangkan ... Read More »

GASS: Membangun Budaya & Kepedulian Masyarakat terhadap Kebersihan Lingkungan

Genderang aksi dan komitmen bersama telah ditabuh walikota dan seluruh elemen yang menjadi bagian dari pembangunan Kota Malang melalui launching GASS (gerakan angkat sampah dan sedimen) jumat (27 Desember 2019) pekan kemarin. Dilanjutkan dengan turun ke lapangan ditemukan sejumlah permasalahan krusial terkait sampah, sedimen dan bangunan di saluran maupun sungai. Budaya masyarakat yang bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan masih menjadi pekerjaan ... Read More »

GASS: Ikhtiar Kongkret Cegah Banjir di Kota Malang

Oleh: Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS dan Aris Subagiyo, ST., MT   Kota Malang sebetulnya memiliki potensi besar, dalam hal partisipasi publik. Yakni, semakin terbukanya ruang partisipasi masyarakatnya. Hal ini setidaknya dapat dilihat dari enam parameter: Pertama, semakin aktifnya komunitas atau kelompok masyarakat dalam berbagai forum kegiatan atau konsultasi publik. Kedua, keterlibatan pihak swasta semakin terlihat dalam berbagai kerjasama ... Read More »

QUO VADIS WADUK CENGKLIK: Desakan Sosial Ekonomi vs Lingkungan Hidup (*)

* tulisan ini dinyatakan sebagai pemenang sayembara karya tulis dalam rangka peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (HARBAK PU) yang ke-74 yang diselenggarakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo. Monggo bisa difollow IG BBWS Bengawan Solo di: @bbwsbsolo   Pembangunan berkelanjutan mensyaratkan terjadinya keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini menuntut kolaborasi stakeholder terkait bersinergi mulai dari ... Read More »

KOTA MALANG, MENUJU KOTA KONSERVASI AIR: Menuntaskan Genangan, Berorientasi Keberlanjutan

Oleh: Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS & Aris Subagiyo, ST, MT   Romantisme indah masa lalu Kota Malang masih lekat di benak generasi 1960an. Kota sejuk yang menjanjikan kehidupan ‘urban’ yang humanis, nyaman dan jauh dari problem perkotaan. Tak salah Kolonial Belanda memilih Kota Malang dengan dukungan lansekap eksotis di dataran tinggi 444 mdpl sebagai tempat pelesir dan peristirahatan. Situasi ... Read More »